Monday, April 21, 2008

Bercermin dengan Iklan

Jika Anda pernah mendengar bahwa arsitektur bisa menunjukkan tingkat budaya masyarakat, Anda juga perlu tau kalau iklan adalah cerminan perilaku masyarakat sesungguhnya.

Anda pernah memperhatikan iklan TV Rexona terbaru? Tentang tiga cewek ABG dan dunia riang ceria mereka. Bernyanyi dan bergaya gila, di depan kamera. Ya, seperti itulah kehidupan sebagian ABG Indonesia. Terutama mereka yang tinggal di kota besar. Lebih tepatnya, mereka yang menjadi target market pabrik deodorant si pembuat iklan.

Tentu akan lain cerita, jika Rexona lebih memilih anak muda pedesaan sebagai sasaran konsumen utama. Tentu iklannya bersetting kesederhanaan kehidupan di desa. Berkisah tentang lelaki muda bertelanjang dada dan berpeluh keringat bekerja di sawah. Menceritakan sekelompok gadis desa memetik sayur di pekarangan rumah. Atau segerombol cowok kampung menyabit rumput untuk pakan kambing peliharaan mereka.

Jadi, jangan kaget jika suatu saat Anda menemukan "wajah" Anda sendiri di tayangan iklan sebuah produk. Pasti, orang seperti Anda lah sasaran pasar produk tersebut.

No comments:

Post a Comment