Wednesday, April 02, 2008

Also Known As

Saya punya teman sekaligus tetangga, namanya Yana. Tidak tau kenapa, dia lebih terkenal dengan nama "Didonk". Masih teman sepermainan saya semasa kecil dulu, namanya Siji "Otonk" Priyono. Dan beberapa nama lagi yang sempat terekam di ingatan saya, Teguh "Jober", Sigit "Konyeng",Adit "Dono", Ari "Aconk".

Nama julukan, "alias" atau "also known as" (a.k.a) dalam bahasa Inggris, biasa digunakan dalam komunitas sebaya. Biasanya menggunakan kata atau istilah yang memiliki asosiasi dengan si empunya nama. Bisa secara penampilan fisik , atau kebiasaan uniknya. Kadang, nama orang ayah seseorang dinisbatkan sebagai nama julukan, meski penggunaanya lebih terbatas.

Dulu, saya sempat punya nama julukan juga, tapi tidak perlu saya sebutkan. Sebuah nama yang sedikit memalukan, jadi saya bersyukur nama "unik" itu belum sempat populer. Btw, Anda punya nama julukan apa?

No comments:

Post a Comment