Friday, June 27, 2008

Resep Tajir Ala Tukang Parkir

”Ada Semut ada Gula”, mungkin kalimat ini bisa menggambarkan peristiwa yang terjadi di arena pasar malam di lapangan Wijahan Banyumas, Jawa Tengah. Beragam permainan dan pasar dadakan yang menyertainya, berhasil menciptakan keramaian manusia setiap malamnya. Lapangan yang terletak di pinggir jalan raya Buntu-Jogja ini pun penuh sesak oleh warga yang ingin mencari hiburan setelah seharian bekerja. Dari keramaian tiap malam inilah, tercipta beragam ”gula” yang terasa manis bagi mereka yang jeli melihat peluang yang ada.

Bisnis parkir, adalah salah satu ”gula” yang menggiurkan dari keramaian pasar malam tersebut. Bekti, salah seorang pengelola tempat parkir menuturkan, setiap malam minimal ada 100 motor yang parkir di tempatnya. Dengan tarif 1000 rupiah per motor, itu berarti Bekti bisa membawa pulang uang sebesar 100.000 rupiah. Bukan angka yang fantastis, tapi cukup menggiurkan untuk pekerjaan yang hampir tanpa modal ini.” Ya lumayan lah, bisa buat nambah pemasukan” ujar Bekti yang sehari-harinya membuka usaha cucian motor ini.

Bekti tidak sendiri menjalankan bisnis parkiran ini. Selain tempat parkir yang dikelolanya, di seluruh kawasan pasar malam ini, total ada 4 area parkir. Dua tempat di dalam lapangan, dua lainnya berada di luar lapangan. Semuanya dikelola oleh pemuda desa Karangjati dan Kecila, dua desa terdekat dari lapangan Wijahan. ”Ada tiga tempat yang dikelola pemuda desa Karangjati dan satu tempat dipegang pemuda desa Kecila”, Bekti menambahkan.

Hampir tanpa modal, bisa dibilang begitulah bisnis parkir. Paling, keluar uang untuk membuat kartu parkir dan pagar keliling menggunakan bambu dan tali rafia. Selain itu, jam kerjanya pun singkat, mulai jam 6 petang sampai jam 10 malam. Karena mudah itulah, siapapun bisa menjalankan bisnis ini. Syaratnya, harus siap pasang badan untuk jaga parkir tiap malam. Resikonya hanya satu, badan masuk angin di esok harinya.

Anda mau ikut mencoba resep tajir ala tukang parkir?

1 comment:

  1. Salam kenal pak Afi. Terima kasih telah berkunjung ke situs blog saya. Saya lihat mas Afi berpotensi, bertalenta, dan memiliki kemauan belajar tinggi. Silahkan kalau kapan-kapan berminat untuk berkolaborasi dg saya. Saya bisa dihubungi di email annisa.wardani@CustomerLadder.com. Mohon dishare sedikit, aktivitasnya apa saja sekarang, background pengalaman, dsb.. Salam sukses selalu:)

    ReplyDelete