Saturday, January 12, 2008

Seharusnya nulis kaya gini...

Daripada nulis yang ga jelas, mending saya tampilin tulisan dari salah seorang Guru saya. Bisa liat aslinya disini

Ada sebuah kampus bernama “Universitas Penulisan“. Untuk bergabung di dalamnya, Anda tak perlu ikut tes apapun, tak perlu membayar biaya apapun. Anda hanya perlu menulis, menulis, dan menulis (”Menulislah Tanpa Banyak Teori,” kata Mas Akmal).

Sebagaimana kampus pada umumnya, di Universitas Penulisan ini pun terdapat sejumlah fakultas. Sayangnya, hampir semua mahasiswanya berpikir bahwa hanya ada satu fakultas di sana, yakni Fakultas Publikasi.

Apa sih, Fakultas Publikasi itu?

Fakultas Publikasi adalah fakultas tempat para mahasiswa berjuang untuk memuat karya-karya mereka di media cetak (majalah, koran, tabloid), dan/atau menerbitkan naskah mereka menjadi buku. Biasanya, para mahasiswa di sini sangat bangga bila sudah ada karya mereka yang dimuat di koran, atau diterbitkan dalam bentuk buku.

Hal yang aneh, banyak mahasiswa di fakultas ini yang beranggapan bahwa yang berhak disebut sebagai penulis hanyalah mereka yang mengambil Fakultas Publikasi. Bahkan ada penulis yang sampai sesumber berkata, “Bila belum ada karya Anda yang dimuat atau diterbitkan sebagai buku, maka Anda bukan penulis!”

(Hehehe… sepertinya Si Sesumbar ini belum membaca tulisan yang satu ini.)

Maka, para mahasiswa baru pun biasanya berduyun-duyun memasuki fakultas yang satu ini. Fakultas Publikasi menjadi fakultas favorit, khususnya bagi penulis pemula. Seperti yang saya sebutkan di atas, banyak sekali di antara mereka yang beranggapan bahwa Fakultas Publikasi merupakan satu-satunya fakultas di Universitas Penulisan.

Padahal oh padahal….
Jika mereka rajin jalan-jalan, mengelilingi seluruh kompleks Universitas Penulisan, mereka akan menemukan fakultas-fakultas lainnya:

Fakultas Media Elektronik, terdiri dari jurusan:

  • Script writer: penulis naskah untuk acara-acara (program) televisi/radio.
  • Penulis skenario film dan sinetron

Fakultas Media Cetak, terdiri dari dua jurusan:

  • Redaktur
  • Reporter

Fakultas Media Bisnis, terdiri dari satu jurusan: copywriter (penulis naskah-naskah iklan).

Fakultas Media Online, terdiri dari satu jurusan juga: Content Editor (pengelola content pada media online/website).

Fakultas Teater, juga terdiri dari satu jurusan: Penulis naskah drama.

Fakultas Wirausaha, membawahi satu jurusan: Writerpreneurship, atawa berbisnis lewat hobi menulis.

Fakultas Penulis Lepas, punya banyak jurusan, bahkan bisa tak terbatas:

  • Penulis naskah-naskah untuk perusahaan (company profile, press release, media internal, annual report, dan sebagainya).
  • Penulis biografi.
  • Penulis hantu (ghost writer).
  • Masih banyak lagi, dan akan terus berkembang seiring perkembangan zaman.

Fakultas Public Speaking, dihuni oleh para penulis yang biasa menjadi pembicara pada acara-acara seminar/workshop/pelatihan penulisan. Ada di antara mereka yang belum terlalu sukses di fakultas-fakultas lain. Tapi mereka punya kelebihan yang tidak dimiliki oleh penulis-penulis lain:

  • Pintar berbicara di depan umum.
  • Pintar menyampaikan ilmu dengan baik dan menyenangkan, sebagaimana halnya para guru/dosen yang disukai oleh murid/siswa/mahasiswa karena kepintaran mereka dalam mengajar.

Fakultas Blog, dihuni oleh orang-orang yang rajin menulis di blog. Mereka biasa disebut blogger. Tapi pada dasarnya mereka semua adalah penulis.

* * *

Anda mau masuk fakultas mana? Pilihlah yang sesuai dengan selera Anda.

Tak perlu khawatir bila salah jurusan/fakultas. Sebab di Universitas Penulisan, Anda bisa pindah ke jurusan/fakultas lain dengan amat mudah, tak perlu syarat dan prosedur apapun.

Anda bahkan bisa merangkap di berbagai fakultas/jurusan dengan amat mudah.

Satu hal yang pasti: Di fakultas/jurusan manapun Anda berada, Anda adalah penulis!

Jangan minder bila Anda belum berhasil di Fakultas Publikasi. Jangan minder atau kecewa atau putus asa bila Anda belum berhasil mempublikasikan karya-karya Anda, sebagaimana para mahasiswa Fakultas Publikasi lainnya yang telah berhasil.

Masih banyak fakultas lain yang dapat Anda masuki. Universitas Penulisan itu sangat luas, saudaraku.

Jadi tetaplah semangat!

Semoga sukses!

Cilangkap, 27 Desember 2007

Jonru
Founder PenulisLepas.com dan BelajarMenulis.com

Btw, Anda masuk yang mana?

No comments:

Post a Comment